Minggu, 21 Juni 2015

Pulau Weh dari Sabang, Aceh

 Pulau Weh dari Sabang 



Pulau Weh adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatera. Pulau ini pernah terhubung dengan pulau Sumatera, namun kemudian terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung merapi terakhir kali pada zaman plestosen.


Pulau ini terkenal ekosistemnya. pemerintahan indonesia telah menerapkan wilayah sejauh 60 km persegi dari tepi baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. Hiu Bermulut Besar  bisa di temukan di pantau pulau ini, hebat bukan?. Dan pulai ini juga satu satunya tempat / habitat dari katak yang terancam punah yaitu Bufo valhallae. Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan langka.


 TRANSPORTASI 

Dari Banda Aceh, Anda dapat menggunakan feri di pagi hari di pelabuhan Ulee Lheue dan tiba di Pantai Gapang. Perjalanan hanya akan memakan waktu beberapa jam, atau 45 menit jika Anda memutuskan untuk naik speedboat. Atau jika Anda dari Medan, Anda bisa pergi ke Banda Aceh dahulu dengan bus atau pesawat. Perjalanan dari luar negeri? Beberapa maskapai penerbangan juga beroperasi ke Banda Aceh. Silakan merujuk ke Banda Aceh untuk melihat 'transportasi'.

 KULINER 

Mie kocok ala Sabang
Sate Gurita
  
Anda dapat memiliki makanan hasil laut di restoran seluruh pulau. Cobalah untuk mengunjungi Bungong Sakura di Ujong Kareung, Mama Jungle, Dang Dang Na, Naguna, dan Café Coco di Gapang, atau Olala, 7 Bungalows, dan Chill Out di Iboih.

 BERBELANJA 

Suvenir dari kayu kelapa sebagai oleh-oleh yang akan menyenangkan orang yang Anda cintai atau mungkin Anda ingin menyimpan satu sebagai kenang-kenangan.

Pasar tradisional menawarkan buah-buahan tropis yang segar, lauk pauk dan makanan ringan tradisional. Dodol (permen yang terbuat dari tepung tertentu, gula, gula kelapa dan kadang-kadang buah), keripik, kue dan roti (khas pulau ini) dapat ditemukan di sini. Ini adalah tempat untuk berbaur dengan penduduk setempat. Kebanyakan makanan di sini adalah organik. Datang di pagi hari ketika pasar ramai pembeli.

 GAMBAR PULAU WEH 







Itu lah ulasan singkat tentang indahnya kepulauan indonesia dari pulau weh di Sabang, Aceh, Sumatera.

Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar